Straddle Bus - Konsep terbaru untuk memecah kemacetan kota

Image by google.com
Straddle Bus, adalah sebuah bus konsep terbaru yang saat ini sedang dikembangkan di China. Bus ini coba dikembangkan dikarenakan kepadatan pupulasi di China yang semakin hari semakin bertambah parah. Dan juga diharapkan nantinya dapat mengurangi polusi dari kendaraan pribadi.

Konsep awalnya timbul dari pemikiran "Bagaimana seandainya ada bus kota yang bisa mengangkut ratusan orang dari suatu tempat ke tempat yang lain tanpa harus menggunakan ruas jalan", berangkat dari pemikiran tersebut, maka dikembangkanlah ide untuk membuat bus tersebut.

Konsep Straddling Bus pertama kali diperlihatkan kepada umum di International High-Tech Expo yang ke 19 di Beijing, China. Masih berupa maket kecil, maket tersebut memperlihatkan bagaimana konsep kerja Straddling Bus yang mampu berjalan melewati kemacetan tanpa harus mempergunakan badan jalan. Karena memang bus ini hanya memakai bahu jalan untuk jalurnya.



Straddling Bus dapat mengangkut 1.400 penumpang dan menggunakan listrik dalam penggunaannya. bus ini juga diclaim dapat melakukan penghematan bahan bakar sebanyak 800 ton dan 2500 ton emisi karbon. Hal ini menyebabkan straddling bus akan lebih murah dan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bus biasa.

Konsep ini sebenarnya sangat bagus sekali diterapkan, terutama di kota besar seperti Jakarta. Pertanyaan selanjutnya pun mugkin akan timbul! Bisakah bus tersebut diterapkan di Indonesia? yang notabene masyarakatnya masih jauh dari kedisiplinan. Jangan-jangan nanti bahu jalan pun tidak bisa digunakan straddling bus ini karena sudah di isi oleh sepeda motor dan pedagang yang menjajakan dagangannya di trotoar. Kalau sudah begini, ujug-ujug mau lancar, ehh malahan terjadi tabrakan massal.
Straddle Bus - Konsep terbaru untuk memecah kemacetan kota Straddle Bus - Konsep terbaru untuk memecah kemacetan kota Reviewed by Unknown on 11:48 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.